Saturday, April 26, 2014

Cara Mencari Driver Komputer atau Laptop yang Kompatibel

Cara Mencari Driver Komputer atau Laptop yang Kompatibel

Tutorial: Cara Mudah Mencari Driver Komputer dan Laptop yang Cocok/Kompatibel

Bagi sobat yang baru saja melakukan install ulang pada PC-nya pasti akan mengalamai beberapa masalah kecil seperti tidak bisa main game, tidak bisa mendengarkan musik, vga tidak terdeteksi, dan lain-lain. Beberapa masalah ini disebabkan karena driver pada perangkat hardware yang bersangkutan tidak terpasang atau gagal terpasang pada sistem komputer, akibatnya perangkat tersebut tidak bisa berjalan semestinya.
Baru-baru ini, salah satu sahabat saya sempat mengalami masalah pada driver laptopnya yang tiba-tiba error dan berakibat pada tidak bisa dijalankannya beberapa fungsi pada laptop tsb. Berkaitan dengan masalah driver kali ini Yusuf Desktop akan membagikan sebuah tutorial untuk mendapatkan driver yang cocok untuk komputer/laptop yang kita gunakan, baik sound driver, video controller, network adapter, maupun driver lainnya.

Baca Juga: Download Iobit Driver Booster Pro - Aplikasi untuk mengupdate driver

Langkah-Langkah Mencari Driver Komputer dan Laptop yang Kompatibel:

Langkah Pertama - Buka Device Manager
Untuk membukanya silahkan ikuti langkah berikut:

  • Windows 7 atau lebih tinggi - Buka Startmenu dengan mengeklik Start button, kemudian pilih Control Panel, lalu klik System and Security, kemudian pada bagian System silahkan pilih Device Manager.‌
  • Windows XP - Buka Startmenu seperti biasa, kemudian klik Control Panel selanjutnya pilih System, pada jendela yang muncul silahkan menuju ke tab "Hardware" lalu klik tombol "Device Manager"


Langkah Kedua - Pilih perangkat yang akan dicari drivernya
Pada jendela Device Manager yang muncul silahkan  Klik kanan salah satu tipe device yang akan dicari drivernya, lalu pilih Properties.

membuka Device Manager

Langkah Ketiga - Salin Kode Unik "Device Instance id / Device id"
Dengan cara masuk ke tab "Details", lalu pilih kode-kode unik yang ada, kemudian tekan tombol CTRL+C pada keyboard. Atau sobat juga bisa menulis kode unik tadi kedalam notepad.

Kode Unik Driver

Langkah Keempat -Buka situs "Devid.info"
Ketikkan http://www.devid.info/ pada browser sobat, maka akan muncul laman seperti pada gambar berikut:
Devid.info situs

kemudian Paste kode unik yang sobat salin tadi pada kolom pencarian yang terpampang jelas di situs tersebut

Paste Kode Unik

Jika sudah dirasa benar, silahkan klik tombol "Search"

Klik Search

Setelah itu sobat akan menemukan beberapa hasil pencarian, nah silahkan sobat pilih nama driver yang berada paling atas. Namun sesuaikan dengan sistem operasi yang sobat pakai juga ya!

Pilih salah satu

Lalu pada halaman selanjutnya silahkan klik nama driver yang akan sobat download, letaknya agak kebawah.

Klik link yang ada dibawah

Pada halaman selanjutnya silahkan Klik lagi driver yang akan sobat download,, hehe, ini klik yang terakhir kok.

Klik lagi

Kemudian akan muncul jendela download, pilih tempat sesuai selera sobat dan klik "Save" namun untuk pengguna IDM silahkan klik "Start Download"

Jika proses mengunduh sudah selesai, silahkan buka file tadi dengan cara klik 2 kali.. lalu jalankan "Setup.exe" . Bila perlu, ekstrak semua filenya terlebih dahulu kedalam satu folder menggunakan WinRAR atau 7-ZIP.

WinRAR

Sekian, semoga bermanfaat, bila sobat masih binggung silahakan tinggalkan komentar, saya akan membalasnya secepat mungkin.
Terima Kasih sudah mendownload di situs kami.
Pada halaman adf.ly yang muncul silakan tekan tombol "SKIP AD" di pojok layar sobat.
close
Password Atau jika tidak bisa,

32 komentar

ane udah search driver PCI simple communications controller yang idnya PCI\VEN_8086&DEV_3B64&SUBSYS_140A103C&REV_06\3&11583659&0&B0. tp drivers not found gan.

coba yang satu ini gan:
ftp://www.hp.com/ftp2/pub/softpaq/sp46501-47000/sp46748.exe

atau yang satu ini:
http://h20566.www2.hp.com/portal/site/hpsc/template.PAGE/public/psi/swdDetails/?cc=US&swItem=ob_83746_1 :)

mantab sob artikelnya, klau dengan cara ini saya yakin tidak akan salah lagi driver ya sob, soalnya kalau menggunakan driver solution ada yang tidak cocok sob,,
tapi alhamdullilah saya pake dell jadi download langsung disitusnya,... nanti kalau ada order install ulang pasti diterapkan sob,,,

o ya follow baliknya nya lagi berjalan sob, dtunggu ya

terima kasih mas,,
memang benar mas kalau di dunia ini tidak ada yang sempurna, biarpun Driverpack solution bisa dikatakan lengkap, namun bila driver yang kita cari tidak cocok malah jadi kecewa deh...

sekali lagi makasih mas atas follow baliknya.

sama sama mas.. begadang ni mas?

tipsnya sangat membantu sekali nih sob, saya sering kewalahan mencari software yang kompatibl dengan komputer saya. thanks sob, tutorial di atas pasti saya praktekkan :)

Wah boleh juga di coba Mas... kebetulan saya jarang cek driver.
Izin praktek ah... siapa tau ada yang harus di perbaiki :)

wah ribet juga ya caranya, tapi saya mau coba sob, makasih nih infonya :)

wah bisa jadi lebih pas ya driver yang dibutuhkan dengan laptop atau komputer kita

selamat siang maz yusuf , , ,
makin mantap niyh penjelasannya maz , , ,
izin nyimak ya maz yusuf

Saya biasanya juga menggunakan cara ini mas :)

wahh senangnya bisa membantu,, oke sob, selamat mencoba =D

hehe,, betul juga mas, saya juga mau cek nih :D

ya begitulah,,, tapi menurut saya ini adalah cara paling efektif untuk mencari driver yang cocok :)

benar banget mas,, dengan begini performa komputer / laptop kita bisa lebih memuaskan

hehe,, makasih banget mas =D ,, silahkan disimak kalau begitu

wahh, ternyata cari ini udah lumayan populer ya.. walaupun biasanya sih orang-orang lebih suka pake aplikasi pengupdate driver yang lebih praktis :D

Saya juga pernah mengalami Gan, pusing tujuh keliling juga waktu itu.
Terimakasih sudah share , salam sukses

Mungkin mas, hehe
Kalau pakai aplikasi kadang tidak kompatibel, dan karena spek masih rendah. Jadi lebih memilih menggunakan cara ini.

Cocok-cocokan juga lho gan, kadang sering tidak cocoknya :D

Permisi gan mau numpang tanya saya telah mengunjung http://www.devid.info/ untuk mencari driver seperti yang agan sarankan. tapi saya mengalami kesulitan saat saya mencari driver ini :
PCI\VEN_8086&DEV_3B64&SUBSYS_FF1E1179&REV_06
mohon pencerahanya gan.

coba cari pake Driver Magician gan:
http://www.drivermagician.com/download.htm

mas klaw sudah kita instal setup nya namun ditengah jalan dia berhenti alias g tuntas bagaimn mengatasinya mas?

om saya mau nanya nih kan saya udah buka situsnya tapi pas saya Search PCI\VEN_10DE&DEV_0DE2&SUBSYS_00000000&REV_A1\4&2E5EAC9&0&0008
katanya cannot find

HDAUDIO\FUNC_01&VEN_111D&DEV_7605&SUBSYS_103C3585&REV_1001

untuk os w7 dan w8 (x86) donk gan.
di caranya hanya untuk w 2000-xp

mas saya udah cari tp kok not font ya
PCI\VEN_1002&DEV_954F&SUBSYS_22711787&REV_00

kog punyaku gak bisa ya,.. :'(

We cannot find PCI\VEN_8086&DEV_0046&SUBSYS_FDD01179 driver in our driver database.

Coba run as administrator

Bisa jadi drivernya tidak ada dalam database situs tersebut. Pakai aplikasi Driverpack solution mungkin bisa membantu

Di tab details kgk ada "Device Instance id / Device id"

Pengunjung yang baik akan meninggalkan komentarnya.

Silahkan tinggalkan komentarnya dengan sopan!